Menyetel klep motor saat emergency

PENDAHULUAN

Beberapa hari yang lalu, saya bersama beberapa teman melakukan turing luar kota, acaranya cukup mendadak sehingga saya tidak mempersiapkan motor terlebih dahulu. Walau begitu saya memaksakan untuk ikut.

LATAR BELAKANG
Kondisi motor yang saya kendarai belum diservis cukup lama. Sebelum berangkat, saya hanya sempat mengganti oli mesin. Performa motor memang terasa kurang enak saat dijalankan, hingga setelah sekian jauh berjalan, mesin mati total.

PERUMUSAN MASALAH

awalnya saya mengira terjadi overheat, namun gelagat mesin sebelum mati total sedikit aneh. Mulai dari brebet, nembak-nembak di knalpot saat menurunkan gas, lalu tersendat-sendat dan akhirnya mati. Bagian dalam mesin juga terdengar cukup berisik sebelum motor mati.

BATASAN MASALAH
Saya sempat memeriksa kondisi kelistrikan dan pengapian, namun semuanya terpantau baik. Konsentrasi menyempit ke seputar area mesin.

LANDASAN TEORI
Dari beberapa referensi yang pernah saya baca baik dari media cetak hingga blog-blog otomotif, bahwa dengan gejala yang saya alami tersebut kemungkinan disebabkan setelan klep yang salah.
Backfire : terjadinya letupan di luar ruang bakar
Terbukti dengan terjadinya letupan di dalam filter udara, lalu setelah mesin menyala kembali ternyata terjadi letupan di ujung belakang knalpot, hingga keluar api (keren sih, malah sempat mau difoto :p lol )

TAHAPAN PENELITIAN
Sambil menunggu mesin dingin, teman saya berputar-putar untuk mencari bengkel terdekat, dan hasilnya nihil. Akhirnya dengan modal nekat saya memberanikan diri untuk ngoprek bagian mesin. Motor yang saya kendarai adalah Thunder 125, maka saya menyiapkan kunci 17 untuk membuka tutup klep dan lubang intip top magnet, kunci busi untuk membuka busi, obeng min untuk membuka plastik penutup baut magnet (tidak disarankan, sebaiknya menggunakan kunci L ukuran besar :p maklum kan lagi emergency hehe), kunci sok 14 untuk memutar baut magnet, kunci ring 10 dan obeng min untuk menyetel pelatuk klep, serta kunci 10 untuk membuka baut tangki.
Pertama-tama saya membuka tutup klep, lalu membuka busi untuk meloloskan kompresi agar saat memutar magnet terasa ringan, kemudian mengatur posisi top magnet. Saat perhatian mulai tertuju pada pelatuk klep, saya baru menyadari sebuah kekurangan, bahwa saya ternyata tidak memiliki fuller gauge (bayangkan bro, setelah mesin terbuka sebagian, baru sadar kalau alat terpenting untuk mengatur klep ternyata tidak ada lol )
Setelah menelpon sana-sini dan sempat browsing menggunakan HP, akhirnya ditemukan sebuah solusi

silet

Ternyata silet bisa digunakan untuk menggantikan fuller gauge. Cara meggunakannyapun juga hampir sama dengan menggunakan fuller gauge, yakni dengan menyelipkan silet diantara baut pelatuk dan topi klep, namun untuk memudahan penyetelan sebaiknya silet dipatahkan dua terlebih dahulu tepat diposisi tengah pada bagian lubangnya.
Untuk menyetel klep, terlebih dulu kendurkan mur menggunakan kunci ring, lalu putar baut pelatuk menggunakan obeng min. Selanjutnya selipkan silet diantara baut pelatuk dan masukkan lagi kunci ring. Kencangkan baut pelatuk hingga silet terjepit (sulit digerakkan), kencangkan mur dengan kunci ring, sementara obeng min menahan baut agar tidak berputar lagi. Done.


















Pasangkan kembali baut dan tutup-tutup yang tadi sempat dibuka.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan

- Silet bisa digunakan sebagai pengganti fuller gauge saat emergency.

- Penting sekali untuk memeriksakan kondisi motor sebelum melakukan perjalanan jauh, kembalikan ke kondisi standar dengan melakukan servis rutin untuk performa yang lebih baik dan menghindari terjadinya kerusakan di perjalanan.

Saran

- Sediakan kunci-kunci dan alat yang lengkap untuk antisipasi terjadinya kerusakan di perjalanan (jika terlalu banyak dan berat, bisa dishare dengan teman seperjalanan :D )

- Perhatikan keadaan di sekitar saat melakukan perjalanan jauh, keberadaan bengkel, pom bensin, tambal ban, dan lain-lain. (kalau mau mogok pilih-pilih tempat, jangan yang jauh dari bengkel dan pemukiman lol :D :D

DAFTAR PUSTAKA
google.com ;)


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

  • COLOQUE AQUI A LEGENDA
  • COLOQUE AQUI A LEGENDA
  • COLOQUE AQUI A LEGENDA
  • COLOQUE AQUI A LEGENDA
 

About You!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Cras id arcu nulla. Donec eu risus nisl, id cursus justo. Proin non mauris enim, eu suscipit libero. Fusce eget nunc nibh. Integer elementum consectetur sagittis. Quisque adipiscing auctor risus, id vulputate eros auctor vel. Vivamus pellentesque arcu vel libero eleifend sed aliquam

Free CSS Template by CSSHeaven.org TNB